Pengingat Jadwal Kajian dari Google Calendar

Contoh SMS pemberitahuan jadwal kajian dari GoogleIngin dapat SMS seperti ini? Insya Allah bisa! Sebagaimana yang kami sampaikan saat mengulas situs jadwal kajian salaf, ada manfaat besar yang bisa anda dapatkan dari Google Calendar, terutama dalam mendekatkan diri kepada Allah dengan benar, melalui pengkajian Islam. Anda dapat meminta Google untuk mengingatkan jadwal kajian melalui SMS, GRATIS!! Bagaimana caranya dan apa saja yang dibutuhkan?

Yang Dibutuhkan. Untuk menggunakan fasilitas ini, anda memerlukan:

  1. Ponsel dengan SIM card GSM yang telah didukung oleh Google. ((Saat tulisan inii dimuat, baru XL dan Indosat saja. Lihat keterangan resmidari Google.))
  2. Akun Google. ((Silahkan daftar akun Google jika anda belum punya.))

Pengaturan Google Calendar
Pengaturan di Google Calendar di bagi menjadi 2 bagian yaitu pengaturan ponsel dan kalender mana yang ingin diberikan layanan pembertahuan melalui SMS.

Pengaturan Ponsel. Pertama-tama kita harus memberitahu Google ke ponsel mana pemberitahuan jadwal kajian akan dikirimkan. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke Google Calendar dengan dengan akun Google anda
  2. Klik “Settings” di kanan atas halaman Google Calendar anda
  3. Pilih tab “Mobile Setup” pada halaman Calendar Settings, masukkan lokasi dan nomor ponsell anda ((Dahulukan dengan tanda tambah (+) lalu diikuti dengan kode negara.)), lalu tekan tombol “Send Verification Code”.
  4. Beberapa saat kemudian, Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms ke ponsel anda. Masukkan kode ini dan tekan tombol “Finish Setup”. Perhatikan gambar berikut:
    Pengaturan Ponsell pada Google Calendar

Pengaturan Kalender. Jika proses di atas berhasil, maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menambahkan kalender kajian yang ingin anda ikuti agar saat kajian akan tiba, Google akan mengingatkan jadwal tersebut ke ponsel anda.

  1. Kunjungi situs Jadwal Kajian, lalu pilih daerah / lokasi kajian yang hendak anda ikuti.
  2. Tekan tombol “+ Google Calendar” di sudut kanan bawah dari tabel kajian.
    Tombol + Google Calendar pada Jadwal Kajian
    Konfirmasi penambahan kalender di Google Calendar
  3. Anda akan di arahkan ke Google Calendar dan diminta konfirmasi atas penambahan kalender inii ke akun anda. Klik tombol “Yes, add this calendar dan kalender kajian akan muncul di halaman akun Google Calendar anda.
  4. Di sebelah kiri kalender, terdapat daftar kalender yang anda miliki. Ada “My Calendars” dan “Other Calendars“. Pastikan kalender kajian yang baru saja anda tambahkan pada langkah sebelumnya ada pada Other CalendarsKlik panah di sebelah kanan kalender kajian, lalu pilihNotifications.
    Pengaturan pemberitahuan Google Calendar
  5. Pada halaman Notifications, klik “Add reminder”, maka akan muncul pengaturan lebih lanjut bagaimana pemberitahuan ini akan dilakukan. Ada 3 pilihan media, Email, SMS dan Pop-up dan beberapa pilihan waktu pemberitahuan. Pilih SMS dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan anda.
    Panel pengaturan pemberitahuan Google Calendar
  6. Lalu di bagian bawah halaman itu, anda dapat memilih apakah pemberitahuan ini juga termasuk saat ada penambahan, perubahan dan pembatalan kajian. Jika sudah selesai dengan pengaturan ini. Klik tombol “Save”

Demikian, semoga cara-cara di atas dapat berguna bagi anda sekalian. Jangan ragu untuk berkomentar jika anda memiliki cara lain, mengalami kesulitan dari apa yang telah kami jelaskan di atas, atau hal lainnya.

Catatan : untuk situs Jadwal Kajian sepertinya sudah tidak aktif.

Sumber: http://dakwahsunnah.wordpress.com/2008/03/16/gratis-meminta-google-untuk-mengingatkan-jadwal-kajian-melalui-sms-ke-ponsel-anda/

Leave a Reply

Daftar Kajian Tashfiyah
PENDAFTARAN PESERTA WISMA MUSLIM UPI BANDUNG
Dauroh Kitab Bulughul Maram: “Peringatan Terhadap Akhlak Yang Buruk” Al-Dauroh Kitab Bulughul Maram: “Peringatan Terhadap Akhlak Yang Buruk” Bersama Al-Ustadz Firanda Andirja, M.A
INFO KAJIAN GEGERKALONG (Sabtu 24 SAFAR & Ahad 25 Safar 1437)