Adab Menasihati – Nasihat Bukan Memaksakan dan Paksaan

Saudara-saudariku yang dirahmati Allah, semoga Allah mengkaruniakan keberkahan kepada kita semua, perihal nasihat, tentu kita pernah dinasehati atau malah mungkin sering nasihat itu datang kepada kita dan terkadang juga kita diminta untuk memberikan suatu untaian nasihat atau terkadang juga mungkin kita memberikan sebuah nasihat untuk seseorang yang kita anggap memerlukan.

Saudara-saudariku yang Allah rahmati, nasihat disampaikan sang penasihat tentu dengan tujuan menginginkan kebaikan orang yang dinasihatinya. Namun dalam perihal nasihat ini hendaklah kita tidak memaksakan kehendak dalam nasihat kita, karena kita hanyalah seseorang yang menunjukkan jalan, bukan seseorang yang memerintahkan orang lain untuk mengerjakannya.

Ibnu Hazm Azh Zhahiri mengatakan: “Janganlah kamu memberi nasehat dengan mensyaratkan nasehatmu harus diterima. Jika kamu melanggar batas ini, maka kamu adalah seorang yang zhalim…” [Al Akhlaq wa As Siyar, halaman 44]

Ingatlah! wahai saudaraku perihal ini, sampaikanlah nasihat dengan penuh kasih sayang dan lemah lembut, bukan dengan kekerasan, pemaksaan apalagi dengan ancaman, karena nasihat bukan sebuah kedzaliman nasihat adalah kebaikan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الرِّفْقَ لاَ يَكُونُ فِي شَيْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَعُ مِنْ شَيْءٍ إِلاَّ شَانَهُ

“Sesungguhnya kelembutan tidaklah berada pada sesuatu melainkan akan membuatnya lebih bagus, dan tidak akan tercabut sesuatu darinya kecuali akan membuatnya jelek.” [HR. Muslim]

Wahai saudaraku sampaikanlah dengan akhlak yang baik dan penuh hikmah.

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi hidayah kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki”. [Al Qashash/28 : 56].

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Kajian Islam Ilmiah Syarah Kitab Arbai’n An’Nawawi 13 Desember 2017
Kajian Islam Ilmiah Syarah Kitab Arbai’n An’Nawawi 29 Nov 2017
Daftar Kajian Tashfiyah
PENDAFTARAN PESERTA WISMA MUSLIM UPI BANDUNG