Bersemangatlah Untuk Melakukan Hal-Hal Yang Bermanfaat

Saudara-saudariku yang budiman dan dirahmati Allah Ta’la, hendaklah kita untuk memanfaatkan kesempatan ini, ingatlah sebelum pemutus segala kenikmatan itu itu datang kepada kita, maka pergunakanlah dengan baik, kita masih mempunyai kesempatan umur kita, kesempatan waktu kita, kesempatan kesehatan kita untuk hal-hal yang terbaik bagi dunia kita dan akhirat kita. Sadarilah dengan penuh perenungan bahwa kita benar-benar harus memanfaatkan hal-hal tersebut sebagaimana Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ

“Bersungguh-sungguhlah untuk meraih apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu).” [HRS. Muslim no. 2664; Ahmad II/366, 370; Ibnu Majah no. 79, 4168; an-Nasa-i dalam Amalul Yaum wal Lailah no. 626, 627; at-Thahawi dalam Syarh Musykilil Aatsar no. 259, 260, 262; Ibnu Abi Ashim dalam Kitab as-Sunnah no. 356]

Saudara-saudariku pembaca yang dirahmati Allah, perkara-perkara yang bermanfaat itu ada dua macam yaitu perkara yang bermanfaat dalam agama dan perkara bermanfaat dalam hal keduniaan. Seorang hamba membutuhkan kebutuhan keduniaan sebagaimana dia membutuhkan kebutuhan diniyyah (keagamaan). Kebahagiaan seorang hamba dan kesuksesannya sangat ditentukan oleh semangat dan kesungguhannya dalam melakukan segala yang bermanfaat dalam urusan agama dan dunianya, serta keriusannya dalam memohon pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla.

Ingatlah, orang yang tidak bersemangat dalam meraih dan melakukan hal-hal yang bermanfaat, bahkan bermalas-malasan, maka dia tidak akan mendapatkan apa-apa. Karena malas itu sumber kegagalan. Orang yang malas tidak akan mendapatkan kebaikan dan kemuliaan. Orang yang malas tidak akan bernasib baik dalam agama dan dunianya.

Bersungguh sungguhlah dalam berbuat baik

Bersemangatlah dalam beramal shalih

Bersungguh-sungguhlah dalam melakukan perbaikan diri

Bersemangatlah dalam menuntut ilmu

Bersemangatlah menjadi pembuka kebaikan

Bersemangatlah dalam menjaga kesehatan

Bersungguh-sunguhlah dalam ketaatan

Bersungguh-sungguhlah dan bersemangat dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an dan hafalan

Bersemangatlah dalam mengamalkan sunnah Nabi Shallallahu’alahi wa salam

Bersungguh-sungguh dalam mempelajari suatu hal yang bermanfaat

Saudara-saudariku yang dirahmati Allah, bersemangatlah dan bersungguh-sungguh dalam sesuatu yang bermanfaat untuk akhiratmu dan duniamu.

Mari bersungguh-sungguh….

Mari bersemangat….

Bukankah kita mengetahui Allah ta’ala berfirman:

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ

Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan” [QS al-Baqarah: 148].

Namun, ingatlah saudara-saudariku yang penulis cintai, semangat dan bersungguh-sungguh saja tidak cukup, sertailah dengan keseriusannya dalam memohon pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla dan pastikan tujuan kita hanya untuk mencari ridho Allah Azza wa Jalla. Bersandarlah hanya kepada Allah Azza wa Jalla dan memohon pertolongan kepada-Nya bertujuan agar bisa mendapatkan perkara yang bermanfaat itu secara maksimal.

Kita perlu bertawakal dalam menjalaninya karena kadangkala cepat atau lambat baik itu ujian atau goodaan itu akan menerpa semangat kita dan mencoba menjatuhkan kesungguhan kita, kita akan diuji kesungguhan kita, kita akan diuji terkait semangat kita, kita akan diuji terkait tujuan kita apakah mencari ridho manusia atau mencari rabbNya manusia.

Maka apabila seorang hamba bertawakkal kepada Allah Azza wa Jalla, menyerahkan urusan hanya kepada Allah, dan meminta tolong hanya kepada Allah Azza wa Jalla, maka Allah akan memudahkan urusannya, meneguhkan, memudahkan segala kesulitannya, menjaga dan menambah semangatnya, menghilangkan kesedihannya, memberikan hasil akhir yang baik dalam urusan agama dan dunianya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Daftar Kajian Tashfiyah
PENDAFTARAN PESERTA WISMA MUSLIM UPI BANDUNG
Dauroh Kitab Bulughul Maram: “Peringatan Terhadap Akhlak Yang Buruk” Al-Dauroh Kitab Bulughul Maram: “Peringatan Terhadap Akhlak Yang Buruk” Bersama Al-Ustadz Firanda Andirja, M.A
INFO KAJIAN GEGERKALONG (Sabtu 24 SAFAR & Ahad 25 Safar 1437)